Friday, October 11, 2019

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah - Hallo republikseo! Masih pada bingung mau pilih jurusan apa? republikseo ada beberapa tips memilih jurusan kuliah buat kalian, nih!

Tips Memilih Jurusan Kuliah


Pertama, kalian harus tahu dulu bakat kalian dimana. Mulai dari sekarang, kalian bisa identifikasi bakat kalian dari nilai mata pelajaran kalian yang paling tinggi. 


Misalnya nilai kalian paling tinggi untuk pelajaran yang membutuhkan logika seperti matematika, bisa jadi kalian punya bakat untuk bidang yang membutuhkan logika tinggi seperti programming. Terus kalau nilai kalian paling tinggi untuk mata pelajaran yang butuh tingkat memorisasi tinggi seperti biologi, kalian bisa banget loh masuk jurusan kedokteran!

‘Tapi nilaiku ga ada yang menonjol, gimana donk?’

Jangan khawatir! Sekarang ada banyak tes bakat UNTAR yang bisa kalian ikuti untuk mengetahui sebenarnya kalian punya potensi di bidang apa. Dari hasil tes itu, kalian akan diberikan rekomendasi beberapa pilihan karir dan jurusan kuliah yang cocok.

Kedua, kalian juga harus mengeksplorasi minat kalian. Dari bakat-bakat yang kalian miliki, biasanya ada lebih dari satu jurusan yang cocok dengan bakat kalian. Nah, terus pilih yang mana? Ya kalian harus tahu dulu minatnya apa https://challenges.openideo.com/profiles/pmbuntar

Untuk tahu minat, kalian bisa mulai dari menggali prospek kerja tiap jurusan UNTAR tersebut. Dari prospek kerjanya, kalian bisa dapat gambaran profesi seperti apa yang akan kalian geluti setelah lulus nanti. Kalau kalian bisa membayangkan dari sekarang dan merasa sangat senang dengan profesi itu, bisa jadi alasan yang kuat untuk kalian memilih jurusan PMB UNTAR tersebut.

Jangan lupa juga diskusikan dengan orang tua ya, supaya pilihan kalian jadi lebih mantap!

Nah, apa saja sih prospek kerja dari berbagai jurusan itu?


Pahamify akan bahas secara detail prospek dari jurusan kuliah yang paling populer sampai yang paling sedikit digandrungi oleh anak SMA pada postingan selanjutnya!

Jadi baca terus ya blog republikseo, supaya kalian jadi lebih paham Tips Memilih Jurusan Kuliah!