Wednesday, July 27, 2016

Cara Membuat Website Pemula

Cara Membuat Website Sendiri mungkin bisa dibilang bukan hal yang sulit bahkan cukup mudah untuk para webmaster (pembuat website). Namun bagaimana dengan teman-teman kita yang baru saja 'terjun' di dunia blogging ? apakah mereka juga menganggap Belajar Membuat Website adalah hal yang mudah ? tentu tidak bukan, atas dasar itulah saya akan mencoba menjelaskan tahap demi tahap Bagaimana Cara Membuat Website dari Dasar atau Awal untuk para Pemula tentunya.

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri untuk pemula Bagi anda seorang pemula yang ingin belajar bagaimana cara membuat website. Ada baiknya membaca tulisan yang saya buat ini. Di sini terdapat tulisan, apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum anda memulai belajar membuat sebuah website. Karena Belajar Membuat Website dibutuhkan beberapa macam bahasa pemograman yang betul-betul harus dikuasai secara mendalam.

Cara Membuat Website Pemula


Untuk membangun sebuah website terdapat berbagai tahapan pemograman, tahapan-tahapan tersebut antara lain, merancang tampilan, membuat script untuk animasi, membuat script untuk mengambil data pada database dan yang terakhir membuat pemograman dinamis pada server side.

Berikut penjelasan tahapan-tahapan yang disebutkan di atas:

Bahasa Untuk membuat tampilan

Untuk membuat tampilan pada sebuah website kita harus menguasai bahasa seperti HTML dan CSS. HTML adalah sebuah bahasa pemograman khusus berupa script yang digunakan untuk menampilkan objek pada halaman. Kode HTML hanya dapat diproses oleh browser . Objek yang ditampilkan pada halaman tersebut bisa berupa tulisan, gambar, input, dan lain sebagainya yang bisa anda pelajari pada bahasa pemograman HTML. CSS bahasa pemograman berupa script yang hanya dapat dijalankan oleh browser yang sudah mendukung versi dari CSS tersebut. CSS berguna untuk mengatur objek yang telah kita buat menggunakan HTML, apa saja yang diatur oleh CSS? CSS dapat menentukan dimana letak objek yang sudah kita buat menggunakan HTML. Atau mengeset attribut dari satu atau beberapa objek sekaligus attribut tersebut bisa berupa warna, jenis huruf, tinggi, panjang objek dan lain sebagainya

Bahasa untuk membuat animasi

Untuk membuat Keuntungan Memiliki Domain Sendiri dan Cara Memilihnya animasi pada website yang kita buat, kita memerlukan bahasa pemograman javascript. Javascript merupakan bahasa pemograman berbasis script yang hanya dapat dijalankan dan diproses pada browser (client). Munculnya teknologi pengembangan dari javascript bernama ajax membuat javascript bisa memproses langsung server web

Bahasa pemograman untuk membuat halaman web dinamis

Untuk membuat halaman web secara dinamis diperlukan bahasa pemograman seperti PHP, ASP, JSP dan lain sebagainya. Bahasa-bahasa pemograman untuk web dinamis ini bisa jalan jika kita memiliki engine berupa web server yang dapat mendukung bahasa pemograman tersebut. Seperti PHP engine web server yang dibutuhkan adalah apache yang sudah terintegrasi dengan php. Apache ini nantinya yang akan mengubah dari bahasa php menjadi bahasa HTML.

Bahasa pemograman untuk database

Untuk mengambil data dari database diperlukan bahasa query sql untuk mengambil data dari database tersebut. Jadi di sini kita dituntut untuk bisa bahasa pemograman sql.

Bahasa pemograman untuk dokumen terstruktur

Cara Membuat Website Bahasa pemograman untuk dokumen terstruktur menggunakan bahasa XML. Jadi XML adalah suatu bahasa pemograman yang berguna untuk membuat/memanipulasi dokumen secara terstruktur. Secara teknis XML didefinisikan sebagai suatu bahasa pemograman meta-markup yang menggunakan format tertentu untuk dokumen yang mempunyai data lebih manusiawi atau terstruktur.

Jadi untuk membuat sebuah website anda harus menguasai ke empat hal tersebut. Jika anda sudah ahli menggunakan keempat bahasa tersebut anda. Anda bisa melanjutkan kepada penggunaan framework untuk mempermudah anda dalam membuat pemograman berbasis web.