Wednesday, March 16, 2016

Beberapa Cara Mematikan Link Aktif Di Komentar Blog

Pada artikel saya kali ini saya akan posting artikel yang berjudul Beberapa Cara Mematikan Link Aktif Di Komentar Blog. Siapa sih yang mau blognya tersebut di isi/banyak mengandung link-link aktif yang sengaja di pasang agar ada pengunjung yang mengklik link tersebut dan mengarah langsung ke blognya sendiri.

Alasan Mengapa menghilangkan link aktif di komentar blog?

Keberadaan link aktif di dalam komentar blog dapat mengurangi nilai blog itu sendiri oleh robot algoritma search engine seperti Google. Karena apabila ketika robot algoritma google sedang merayapi postingan artikel blog kita dan menemukan banyak link aktif di kolom komentar, maka blog kita bisa dianggap sebagai ladang SPAM. Sehingga blog kita bisa dianggap SPAM oleh search engine seperti Google.

Apalagi bila link aktif tersebut tidak relevan, terlebih lagi bila link aktif tersebut memuat konten yg tidak pantas dilihat seperti link situs dewasa dan sejenisnya. Maka sudah sepatutnya bagi pemilik blog untuk menghapus link aktif di dalam komentar blog secara manual dengan memoderasi komentar satu-persatu. Berikut dibawah ini cara menghapus link aktif di komentar Blog secara manual :



Untuk itu saya akan kasih tahu kepada saudara-saudara semua, Bagaimana Cara Mematikan Link Aktif Pada Komentar Blog dan berikut beberapa cara untuk menghilangkan link aktif di komentar blog :

Cara yang Pertama

  • Login dengan akun blog Anda
  • Pilih opsi template-->>> Edit Html
  • Cari kode ]]></b:skin> (tekan Ctrl f untuk mempermudah pencarian kata)
  • Copy script berikut
/*----Matikan Link aktif di komentar----*/
#comments p a {display: none !important; }
/*----Matikan Link aktif  selesai----*/

  • Simpan tepat di atas kode  ]]></b:skin>
  • Klik Simpan template
Catatan :  

Kode diatas memerintahkan agar memblokir link aktif /hidup yang pakai kode “a” . Bukankah kalau kita mau menyimpan link suka dimulai dengan <a, misalnya <a href='http://adoteidrmarcoaureliocunha.blogspot.co.id'> ADOTEIDRMARCO </a> . Jadi dengan kode diatas semua komentar yang pakai <a menjadi tidak ada atau none.

Selain kode diatas ada lagi beberapa kode lainnya untuk Mematikan Link Aktif Pada Komentar Blog, yaitu dengan memanfaatkan Script jQuery , Audara tinggal pilih sesuai selera saudara .

  • Login dengan akun blog saudara
  • Pilih opsi template-->>> Edit Html
  • Cari kode ]]></b:skin> (tekan Ctrl f untuk mempermudah pencarian kata)
1. Kalau ingin link aktif plus tulisannya benar-benar hilang tanpa bekas ( remove ), pake script dibawah ini dan disimpan dibawah ]]></b:skin> , bisa juga diatas  </head> atau <body> ,

<! -- Matikan link aktif dlm komentar star -->
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.5/jquery.min.js'type='text/javascript'></script>
<script type='text/javascript'>
$(function() {
$('#comments p').find('a').remove(); });  
</script>
<! -- Matikan link aktif dlm komentar end --> 

2. Ganti Link Aktif dengan peringatan yang kita buat sendiri ( lihat tulisan warna biru), scriptnya pakai yang ini :

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js'type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span> Peringatan ! Link Aktif Tidak Masuk Sini Mungkin Salah Tempat.</span>"); }); </script>

3. Kalau yang ini linknya atau tulisannya muncul, Cuma link aktifnya tidak ada atau hilang  ( unwrap ), script nya disimpan diatas </head> atau <body>

 <! -- Hilangkan link aktif dlm komentar star -->
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.5/jquery.min.js'type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(function() {
$('#comments p').find('a').contents().unwrap();
});
//]]>
</script>
<! -- Hilangkan link aktif dlm komentar End -->
4. Memanipulasi atau Mengalihkan link aktif ke Url yang kita tentukan. Ini rasanya lebih mantap seolah-olah kita dibuatkan link oleh komentator tersebut.
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js'type='text/javascript'/> <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery("#comments p a").attr("href", "http://wibialwis.blogspot.co.id"); }); </script>

Kode yang warna biru silahkan pilih sendiri misalnya ke Url Blog atau Postingan anda.

Catatan :

Perhatian jika dalam template sobat sudah ada script jQuery seperti yang warna merah di atas, sebaiknya yang warna merah jangan dicopy lagi karena fungsinya sama, yaitu untuk memanggil script "jquery.min.js" tersebut.

Kelebihan script JQuey tersebut memang sangat mantap untuk Disable atau mematikan link aktif dalam komentar, tapi hanya berfungsi pada setting komentar Embedded atau Tersemat . Kalau pada setting komentar Popup Window atau Jendela Munculan tidak bisa dipakai karena tautan / link aktif untuk memunculkan windownya yaitu pada tulisan Post a comment juga ikut mati, mungkin dimakan Jin Iprit.. eh script… dasar.. Blognya Ilmu. itulah yang saya alami.

Demikianlah artikel Beberapa Cara Mematikan Link Aktif Di Komentar Blog, mudah-mudahan script di atas bisa mengelanui para spamer yang sangat tidak disukai oleh SEO atau google.